Senin, 28 Oktober 2013

Ikut ikutan berkebun

Sebenernya dari dulu pengen ikut-ikutan orang yang pada nanem sayuran atau bumbu-bumbu pelengkap di halaman rumahnya, maklumlah anak petani dan orang bandung pula yg doyan lalap, hehehe... Tapi entah kenapa baru bener-bener dikerjain pas halaman rumah tinggal seumprit aja. Thanks to mbah google lagi yang udah ngasih inspirasi tentang vertical garden, hingga akhirnya saya tetap dapat berkebun di lahan mini. Yah walaupun ga vertical-vertical banget jadinya mengingat tata letak dan ketersediaan matahari. 
Vertical gardennya saya desain sendiri terus minta tolong dibuatin sama emang tukang bangunan favorit (jieee...) keluarga saya.  Dan akhirnya benih-benih yang udah saya borong jauhhhh sebelum vertical garden ini dibuat menemukan tempatnya untuk tumbuh. Biasanya disitu saya tanam kangkung,caisin, dan bayam. Soalnya yang 3 itu sekali konsumsi lumayan banyak. 
Untuk tanaman bumbu pendukung seperti kemangi, tomat,cabe dll saya pakai vertical garden permanent yaitu tangga samping yang jarang dilewatin (wekekkeke.. ). Tanamannya saya taro di dalam pot satu-satu. Sekedar info untuk orang bandung yang belum tau, saya kalau beli pot di mutiara super kitchen. Kenapa? Karena saya bisa menemukan pot ukuran besar sekali dengan harga Rp.6.500,- saja. Yippppiiee.... KLo yang ada di gambar bentuk bulat warna tanah itu Rp.11.000,-/pcs. Waktu beli itu belum tau kalau ada yang ukuran sama  dengan bentuk kotak dengan harga Rp. 5.500,-/pcs :(  (ni otak emak-emak yaks?).
Sebenernya bagaimanapun juga tetap lebih mudah bercocok tanam langsung di atas tanah. Klo di pot harus telaten gitu deh. Selain rajin disiram, tanahnya harus sering digembur-gemburin dan dikasih kompos biar tumbuh kembang tanamannya bagus. Soalnya nutrisinya cuma dia dapet dari yang kita kasih itulah. Pernah ya, awalnya tanaman tumbuh subur dan cepat tapi ada saat dia mentok ga ada perkembangan lagi. Itu berarti nutrisinya kurang untuk mereka bisa tumbuh.
Terakhir kali saya panen itu panen bayam merah, dipanen yang sudah besar-besarnya saja trus langsung di sayur bening dan wuihhh bayamnya terasa manisss... (lebaayyy...). Sekarang sisa bayam merah yang kemarin masih kecil-kecil udah keliatan menggoda untuk dipanen, caisin juga udah mulai abg nih.. bentar lagi cukup umur buat dipanen, Wekekekkke....
Yah mudah-mudahan hobi ini menjadi jalan saya dikasih rezeki sebidang kebun beneran amiennnn... (ngarep)

3 komentar:

  1. pengin nanem2 juga... tapi kebayang nanti malah pada mati semua gak terurus... gak jadi ah... hahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... cuman tabur siram aja kok mba... trus weekend pagi klo mau diurus sebentar aja kasih kompos doang, apalagi pasukan mba sudah ada yang abg. wekekekke....
      sebenernya ini juga gara-gara suka bikin sop ikan yang harus beli segambreng padahal butuhnya cuma seumprit aja jadi suka kebuang-buang padahal nanemnya gampang. yah jadi merembet ke yang lain dehhh..

      Hapus
    2. maksutnya kemanginya mba ya, bukan ikannya yg ditanem.. wekekek

      Hapus