Jumat, 28 Desember 2012

Cake Wortel Kukus

Mengakhiri 2012 ini sy ingin sedikit berbagi sesuatu yang lebih dari sekedar cerita lalu atau umpatan. Sebuah resep.. YUpsss... sy ulangin lagi buat yang ga percaya... RESEP..!
Terinspirasi dari temen yang berhasil membuat Carrot cake panggang, sy juga ingin mempersembahkan cake buatan saya buat My Girl jadi googlinglah saya mencari-cari resep carrot cake yang dikukus (belum punya oven), gampang dan sedikit bahan (pelit). Dan akhirnya ketemu resep dibawah ini :

Bahan:
80 gram margarin ( dilelehkan )
100 gram gula pasir
2 butir telur
75 gram tepung terigu
25 gram wortel parut
1/4 sendok teh baking powder

Cara membuat:
1. Kocok margarin cair dan gula hingga lembut
2. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok rata dan mengembang
3. Tambahkan tepung terigu, parutan wortel, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata
4. Tuang di atas loyang kotak, oleskan loyang dengan minyak terlebih dahulu
5. Kukus 25 menit

Tip:
Pengukus harus dipanaskan dulu paling tidak 10 menit setelah air kukusan mendidih

(sumber : http://ceritalistia.wordpress.com/2010/07/19/cake-wortel-kukus/)

Setelah saya praktekkan... ternyata Ge Aa Ge Aa eL.. rasa sih okelah.. cuman ga ngembang gitu, tau kenapa? karena sy tidak mahir membuat cake. Karena ini adalah proyek masa depan saya dalam rangka mewujudkan misi memberikan panganan homemade untuk my girl jadi saya tidak menyerah... dan melakukan googling sana sini, selain itu tentu saja konsultasi gratis dengan tetangga depan rumah yang biasa membuat cakes.Keesokan harinya saya buat lagi cake dengan resep ini tapi ada 2 hal yang saya rubah setelah melakukan googling dan konsultasi dengan tetangga tadi.


  1. Pada saat melelehkan margarin jangan sampai bening, cukup sampe butek aja. Yang penting margarinnya    leleh. Dan saat dimasukkan ke adonan suhunya ga boleh panas. Jadi sebaikknya kamu panasin dulu   margarin baru proses yang lain.
  2. Yang saya kocok telur dan gula dulu sampai mengembang, berwarna pucat dan jejak mixer tidak cepat    hilang, kemudian terigu,soda kue dan wortel. Terakhir baru margarin cair 

Dengan sedikit modifikasi resep tersebut, Alhamdulillah Cake wortel kukus percobaan ke-2 saya berhasil mengembang. Thanks Mbah Google. Thanks Tetangga. Sophie makan cakenya banyak lhoo... (emang sophie mah doyan makan, :D) 




6 komentar:

  1. waaah.. selamat... sudah berhasil bikin carrot cake kukus. ntar aku cobain deh

    BalasHapus
  2. hehehe... klo bisa mba titi modifikasi biar wortelnya bs lebih banyak yaa.. abis itu share aku... OKE?? weekekeke....

    BalasHapus
  3. klo yang panggang itu banyakan wortelnya lho...

    BalasHapus
  4. ohh gitu mba.. aduhh jd pengen buru2 beli oven, tp belum ada tempat buat nyimpennya.. hehehehe

    BalasHapus
  5. mbak, itu tepungnya beneran 75 gram apa 750 gram ?
    aku mau bikin tapi bingung dulu
    hehe

    BalasHapus
  6. Maaf jarang buka blog lg mbak luluk, jd baru kebaca pertanyaannya. Itu 75gram mbak. Ini bahannya memang minimalis. 😊

    BalasHapus